
TEORI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diwajibkan dalam Pendidikan Agama Kristen dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), bertujuan, agar mahasiswa mampu memahami, menganalisa, mengkritisi, dan menjelaskan objek dan materi dalam Teori Perkembangan Pendidikan Agama Kristen , dan melakukan atau memberikan masukan pilihan sikap, mengintegrasikan teori perkembangan manusia dalam keseluruhan aspek manusia yang berhubungan dan memberi pengaruh dalam setiap perkembangan dan juga perkembangan pendidikan agama Kristen. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh mahasiswa magister pendidikan agama Kristen UKI. Mata kuliah ini bertujuan (output-nya) agar mahasiswa/i mampu menjelaskan tentang, Dasar-dasar teori perkembangan pendidikan agama Kristen, perkembangan psikologi sosial menurut Erick Erikson dan Psikoanalitik Freud dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Kognitif dari Jean Piaget dan Vygostsky dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Kematangan Gessel dan Kedewasaan Karl Gustav Jung dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dan Kematangan dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg dan Kematangan dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Iman James Fowler dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Humanistik dan Aktualisasi diri Abraham Maslow dan implementasi dalam PAK, Perkembangan Belajar Locke dan Rousseau dan implementasi dalam PAK, dan kontekstualisasi Perkembangan PAK. Manfaat balik (outcome-nya) bagi UKI adalah mahasiswa/i dapat mengimplementasikan ilmunya dalam penelitian tugas akhir, menulis hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional, dan lewat kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pendekatan student center learning (SCL), dalam bentuk pembelajaran kuliah dan seminar, baik secara tatap muka di kelas maupun secara daring (online), dengan metode pembelajaran seminar, diskusi kelompok dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dengan demikian, mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan pengetahuan secara mandiri, serta mampu mengelola sikap kritis, konstruktif dan inovatif.
|

PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diwajibkan dalam Pendidikan Agama Kristen dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), bertujuan, agar mahasiswa mampu memahami, menganalisa, mengkritisi, dan menjelaskan objek dan materi dalam Pengembangan Kurikulum PAK, yakni Konsep Kurikulum PAK: Definisi, Tujuan, dan Prinsip Kurikulum PAK; Landasan dan berbagai faktor pengembangan kurikulum; Teori-teori dan Model Pengembangan Kurikulum: Model kurikulum tradisional, rekonstruksionis, dan kurikulum kontekstual, Model Taba, Tyler, dan pendekatan kurikulum integratif dalam PAK; Kurikulum PAK menurut Campbell Wyckoff dan Marria Harris; Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dan ciri khas pendidikan kristen di Indonesia; Taxonomy Bloom dalam Kurikulum; Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum PAK; Evaluasi dan Assasment dalam Kurikulum PAK; Konsep dan Implementasi Outcome Based Education (OBE) dalam Kurikulum PAK; Pengembangan Kurikulum PAK dalam Konteks Digital (Transformasi Digital dan Kurikulum PAK); Kurikulum PAK dan Konteks Multikultural (Pendekatan Kurikulum untuk Pendidikan Multikultural); Kurikulum PAK Berbasis Karakter (Integrasi Nilai-Nilai Kristen dalam Kurikulum) dan Implementasi Pengembangan Kurikulum PAK di Lembaga Pendidikan Kristen (Sekolah, Gereja dan Masyarakat) . Manfaat balik (outcome-nya) bagi UKI adalah mahasiswa/i dapat mengimplementasikan ilmunya dalam penelitian tugas akhir, menulis hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional, dan lewat kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pendekatan student center learning (SCL), dalam bentuk pembelajaran kuliah dan seminar, baik secara tatap muka di kelas maupun secara daring (online), dengan metode pembelajaran seminar, diskusi kelompok dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dengan demikian, mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan pengetahuan secara mandiri, serta mampu mengelola sikap kritis, konstruktif dan inovatif.
|

Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen
Mata
kuliah ini mengkaji perjalanan historis perkembangan kurikulum Pendidikan Agama
Kristen (PAK) dari masa ke masa, mulai dari gereja mula-mula, Abad Pertengahan,
Reformasi, hingga era modern dan kontemporer. Mahasiswa akan mengeksplorasi
berbagai paradigma, pendekatan, dan model kurikulum yang pernah digunakan dalam
pendidikan Kristen, serta memahami faktor-faktor teologis, filosofis, sosial,
dan budaya yang memengaruhi perubahan dan pembaruan kurikulum PAK sepanjang
sejarah. Khususnya, mata kuliah ini juga menyoroti perkembangan kurikulum PAK
dalam konteks Indonesia, baik di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya,
dengan mempertimbangkan dinamika gereja, masyarakat, dan kebijakan pendidikan
nasional. Mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisis kritis terhadap warisan
sejarah kurikulum PAK dan merumuskan implikasinya bagi pengembangan kurikulum
PAK yang relevan dan transformatif di masa kini.

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diwajibkan dalam Pendidikan Agama Kristen dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), bertujuan, agar mahasiswa mampu memahami, menganalisa, mengkritisi, dan menjelaskan objek dan materi dalam Konsep Dasar ABK: Pengertian, klasifikasi, dan karakteristik ABK, Teologi PAK Inklusif dan Anak, Hak ABK dalam Pendidikan: UU, konvensi, dan peran gereja, Pendidikan Iman bagi ABK: Spiritualitas dan pertumbuhan iman, Diferensiasi dalam Pembelajaran: Adaptasi materi dan strategi belajar, Diferensiasi dalam Pembelajaran: Adaptasi materi dan strategi belajar, Metode PAK untuk ABK: Visual, auditif, taktil, multisensory, Evaluasi Pembelajaran ABK: Penilaian autentik dan observasi kinerja, Peran Guru PAK dan Gereja dalam penerapan Pembelajaran Inklusi, Peran Guru PAK dan Gereja dalam penerapan Pembelajaran Inklusi, Peran Orang Tua dalam PAK kepada ABK, Tri Pusat Pendidikan Kristen (Keluarga, Gereja dan Sekolah) dalam Kolaborasi penerapan pembelajaran Inklusi, Media Kreatif untuk ABK: Alat bantu dan teknologi inklusif, Peran Pastoral dan Pelayanan ABK, Ibadah dan Liturgi Inklusif: Merancang Ibadah Ramah ABK, Pendekatan Kurikulum Inklusif: Kurikulum PAK untuk ABK, Penyusunan Modul PAK ABK: Rancang bangun pembelajaran. Manfaat balik (outcome-nya) bagi UKI adalah mahasiswa/i dapat mengimplementasikan ilmunya dalam penelitian tugas akhir, menulis hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional, dan lewat kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pendekatan student center learning (SCL), dalam bentuk pembelajaran kuliah dan seminar, baik secara tatap muka di kelas maupun secara daring (online), dengan metode pembelajaran seminar, diskusi kelompok dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dengan demikian, mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan pengetahuan secara mandiri, serta mampu mengelola sikap kritis, konstruktif dan inovatif.

Teologi Pendidikan dalam Perjanjian Lama
|
Mata kuliah ini membahas pendidikan karakter dan moral Kristen berdasarkan nilai-nilai yang terdapat dalam Perjanjian Lama. Mahasiswa akan mengeksplorasi teori pendidikan karakter dalam konteks Israel kuno, prinsip-prinsip pendidikan iman, strategi dan metode pengajaran dalam Alkitab, serta evaluasi pendidikan karakter berdasarkan hukum Taurat dan sejarah Israel. Selain itu, mata kuliah ini mengupas teologi pendidikan moral dalam Perjanjian Lama dan relevansinya dalam membangun masyarakat yang beretika. Mahasiswa juga akan diajak untuk mengkritisi tantangan kontemporer dalam teologi pendidikan Kristen serta merumuskan solusi berbasis nilai-nilai iman dalam menghadapi perubahan sosial dan budaya. Referensi 1) Adrian E. Hinkle. Pedagogical Theory of the Hebrew Bible: An Application of Educational Theory to Biblical Texts, USA: Wipf and Stock, 2016. 2) Adrian E. Hinkle. Pedagogical Theory of Wisdom Literature: An Application of Educational Theory to Biblical, USA: Wipf and Stock, 2017. 3) Noh Ibrahim Boiliu. Educational Aspects in the Book of Deuteronomy. Pharos Journal Theology: https://www.pharosjot.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_2_vol_104_4 indonesia.pdf 4) Noh Ibrahim Boiliu. YHWH Ekhad in Deuteronomy 6:4 as the Basis of Monotheistic Teaching Calling. Jurnal Teologi Sanctum Domine: https://journal.sttni.ac.id/index.php/SDJT/article/view/211 5) Noh Ibrahim Boiliu. Pedagogi Dan Dekalog: Dekalog Sebagai Landasan Pendidikan Karakter Dalam Komunitas Israel: https://repository.penerbitwidina.com/publications/593232/pendidikan-agama-kristen-konsep-tantangan-dan- implementasi 6) Noh Ibrahim Boiliu. Hikmat sebagai Soko Guru bagi Guru Pendidikan Agama Kristen Berdasarkan Sastra Hikmat dalam Perjanjian Lama. https://ojs.sttsappi.ac.id/index.php/tedeum/article/view/406 7) Noh Ibrahim Boiliu/ Land in the Torah as a Source of Christian Religious Education. https://noyam.org/erats2023932/ Noh Ibrahim Boiliu. Understanding the Role of Parents in Teaching the Faith Through the Election of Israel. http://repository.uki.ac.id/6711/ |

Teologi Pendidikan dalam Perjanjian Baru
Mata kuliah Teologi Pendidikan dalam Perjanjian Baru adalah mata kuliah yang menelaah Teologi Pendidikan yang ditinjau dari sudut pandang Perjanjian Baru baik dari sisi Injil, tulisan Rasul Paulus, dan tulisan penulis Perjanjian Baru.

Manajemen Pendidikan Agama Kristen dalam Sekolah
Matakuliah ini membahas mengenai: struktur
organisasi persekolah, tugas dan
tanggung jawab yang berhubungan dengan manajemen
pendidikan di sekolah, serta berhubungan dengan ruang lingkup, sistem
pendidikan, faktor-faktor yang berhubungan pengajaran/pembelajaran,
bahwa pendidikan di sekolah termasuk sistem social bagaimana dapat mencapai
visi, misi dan tujuan pendidikan yang
ditentukan sekolah/Lembaga pendidikan formal/non formal, serta melakukan
monitoring dan evaluasi dari manajemen pendidikan yang dilakukan.