Manajemen Pendidikan Agama Kristen dalam Media dan Masyarakat
Halim Wiryadinata

Manajemen Pendidikan Agama Kristen dalam Media dan Masyarakat

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa menganalisis dasar-dasar manajemen Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam media dan masyarakat serta pemanfaatannya, perkembangan media, teknologi dan masyarakat dari zaman Alkitab s.d Revolusi Industri 4.0,  Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ADDIE dan berbagai metode  pembelajaran online,tatap muka, blended learning, menggunakan berbagai macam media sebagai alat pembelajaran. Dapat melalui media visual, audio dan audio visual, serta  menganalis dan mendesain media pembelajaran yang efektif dan efisien mulai dari PAUD, Anak Sekolah Minggu, Anak Berkebutuhan Khusus, Remaja Pemuda dan Lansia. Mampu mendesain dan mengimplementasikan model manajemen PAK di media massa dan  masyarakat, yang relevan dengan konteks Indonesia yang majemuk dalam era revolusi industri 4.0.

Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pendekatan student center learning, dengan metode pembelajaran diskusi kelompok dan studi kasus, dalam bentuk pembelajaran kuliah, presentasi, FGD, seminar di kelas, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan pengetahuan secara mandiri, serta mampu mengelola sikap kritis konstruktif.

Filsafat Pendidikan Agama Kristen
Noh Ibrahim Boiliu

Filsafat Pendidikan Agama Kristen

Mata kuliah ini membahas tentang manusia (humanologi) sebagai subjek dalam pendidik. Pendidikan didesain untuk manusia. Aliran-aliran filsafat pendidikan yang dibahas dalam mata kuliah ini sebagai usaha pendekatan/metodologi (s) bagi / sebagai pondasi filosofis yang terkait dengan tujuan/outcome, metode, guru dan murid, kurikulum, sekolah, dll. masing-masing aliran filsafat pendidikan memiliki perspektif tersendiri terkait tujuan/outcome, metode, guru dan murid, kurikulum, sekolah, dll. aliran-aliran filsafat pendidikan yang akan dibahas adalah aliran filsafat pendidikan idealisme, realisme, esensialisme, behaviorisme, pragmatisme, progresifisme, rekonstruksionisme, dan postmodern.