Kawasan Metode Penelitian
Matakuliah ini membahas makna dan prinsip penelitian kualitatif dan kuantitatif; analisis teori-teori tentang teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, populasi, sampling, analisis data, berbagai metode dan desain penelitian pendidikan (korelasional, etnografi, penelitian tindakan kelas,deskriptif, studi kasus,grounded, penelitian dan pengembangan, evaluatif, dan survei), penyusunan proposal penelitian dan laporan penelitian serta aplikasinya dalam penelitian Tesis di bidang desain kurikulum Managemen Administrasi Pendidikan.
1. Penelitian Managemen Administrasi Pendidikan dan Permasalahannya
2. Makna dan Prinsip Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
3. Jenis-jenis Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
4. Komponen-Komponen Penelitian: Permasalahan, Teori, Variabel, Hipotesis, Populasi dan Sampel, Data
5. Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian: Kuesioner, Interviu, Observasi, Dokumentasi
6. Validitas dan Realibilitas Instrumen, serta Pengukurannya
7. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data, Validitas Data
8. Analisis Data Penelitian Kuantitatif: Pengolahan Data, Penyajian Data, Pengukuran Data, Pengujian Hipotesis
9. Metode dan Desain Studi Korelasional
10. Metode dan Desain Penelitian Etnografi dan Penelitian Tindakan Kelas
11. Metode dan Desain Penelitian Deskriptif dan Studi Kasus
12. Metode dan Desain Penelitian Evaluatif dan Penelitian Survei
13. Proposal Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif
Analisis Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan
Kuliah analisis kebijakan dan pengambilan keputusan menyajikan konsep tentang perlunya dilakukan analisis sebelum diambil keputusan, bagaimana keputusan yang bermutu, apa alasan melakukan pengambilan keputusan, definisi masalah sampai dengan bagaimana implementasi dari alternatif keputusan yang diambil. Keputusan sebagai suatu pilihan tindakan antara berbagai aksi atau tindakan yang memenuhi satu atau lebih tujuan, merupakan suatu hal yang sangat menentukan bagi beberapa pihak yang terkait oleh dampak suatu keputusan. Kemampuan membuat keputusan dalam memutuskan sebuah keputusan sangat terkait dengan kualitas dari keputusan itu sendiri dimana sebuah keputusan yang baik akan diterima oleh semua pihak. Output dari keputusan akan mengacu pada tujuan dibuatnya keputusan tersebut.
Pengambilan keputusan tentunya juga didasarkan pada tujuan dari keputusan itu dibuat. Tujuan dari keputusan akan mengacu pada pencapaian target yang ditetapkan. Kaidah-kaidah atau metode ilmiah menjadi dasar dari teori pengambilan keputusan untuk menjaga objektivitas dari keputusan yang diambil, walaupun beberapa cara seperti pengalaman seseorang dapat digunakan sepanjang menyangkut aspek rasionalitas.
Diharapkan mahasiswa setelah pembelajaran ini akan menghasilkan /mampu membuat proposal penelitian Tesis sebagai tugas akhir dengan kemampuan analisis yang komprehensif sebagai hasil dari kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan dan Pengambilan Keputusan (AKPK).Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM, 2021/2022
mata kuliah MPP 3 SKS, terdiri dari 16 kali pertemuan.